background web2

Ketahuilah, 10 Alasan Kenapa Hari Senin Istimewa

MAYORITAS orang yang tidak suka dengan hari Senin. Biasanya karena sudah terlalu nyaman dengan liburan di hari Minggu sehingga menjadi malas untuk kembali bekerja di hari Senin. Namun ternyata, ada banyak keutamaan pada hari Senin. Berikut adalah 10 keutamaan hari Senin dalam Islam,

 

1. Hari kelahiran dan kematian Rasulullah

Dari hadis Abu Qatadah Radhiyallahu anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang puasa hari Senin, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,

“Hari tersebut merupakan hari aku dilahirkan, dan hari aku diutus atau diturunkannya Alquran kepadaku pada hari tersebut.” (Ini merupakan bagian dari hadis Abu Qatadah al-Anshari Radhiyallahu anhu yang diriwa-yatkan oleh Imam Muslim dalam Shahihnya (II/819) Kitaabush Shiyaam)

Abu Bakr radhiyallahu ‘anhu bertanya kepada Aisyah radhiyallahu ‘anha, “Pada hari apa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam wafat?”

Aisyah menjawab, “Hari senin.” (HR Bukhari)

 

2. Hari mendapatkan ampunan

Rasulullah bersabda, “Pintu-pintu Surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

 

3. Hari setor amalan

Rasulullah bersabda, “Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Alloh
dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang di antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan…” (HR. Muslim)

sumber: https://www.islampos.com/ketahuilah-10-alasan-kenapa-hari-senin-istimewa-162737/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *